Wednesday, November 22, 2017

Perbedaan kalimat berklausa dan tak berklausa



Kalimat itu sendiri merupakan satuan bahasa terkecil, dalam wujud lisan maupun tulisan yang mengungkapkan pikiran secara utuh. Dalam wujud lisan kalimat diungkapkan dengan suara yang naik dan turun, lemah dan lembut, disela dengan jeda, dan diakhiri dengan intonasi. Kalimat bisa terdiri dari satu kata, misal ; Ah!, kemarin, ada yang 2 kata ; kamu pintar, itu pasar, ada yang 3 kata ; Adi sedang membaca, Rina menulis buku, serta ada yang terdiri dari 4,5, sampai 6 kata bahkan lebih. Jadi, kalimat bukan diukur dari banyaknya kata yang terkandung didalamnya melainkan dari unsurnya seperti intonasi, tanda baca dan jeda.

Contoh :

Hari ini adalah hari yang tidak bakalan aku lupakan untuk Aninda, lantaran ia sudah memperoleh surprise dari para sahabatnya. Sebelumnya ia telah curiga mendapat tingkah laku para temannya yang aneh sekali. Benar saja, sesudah pulang dari sekolah, teman teman Aninda memberi sebuah kejutan kue ulang tahun serta hadiah kado ulang tahun. Aninda begitu bahagia.

Pada paragraph diatas terdapat 4 kalimat sebagai berikut:

1.       Kalimat pertama

Hari ini adalah hari yang tidak bakalan aku lupakan untuk Aninda, lantaran ia sudah memperoleh surprise dari para sahabatnya.

2.       Kalimat kedua

Sebelumnya ia telah curiga mendapat tingkah laku para temannya yang aneh sekali.

3.       Kalimat ketiga

Benar saja, sesudah pulang dari sekolah, teman teman Aninda memberi sebuah kejutan kue ulang tahun serta hadiah kado ulang tahun.

4.       Kalimat keempat

Aninda begitu bahagia.

Itu pembahasan mengenai kalimat. Selanjutnya saya akan membahas mengenai kalimat berklausa dan tidak. Klausa merupakan salah satu elemen penyusun kalimat. Klausa dibagi menjadi 2 yaitu klausa independen (yang dapat berdiri sendiri) dan dependen (tidak dapat berdiri sendiri/maknanya tidak jelas). 

Berikut perbedaan antara kalimat berklausa dan tidak

Kalimat berklausa
Kalimat tidak berklausa
Negara Indonesia berasaskan pancasila
Selamat pagi!
Lembaga itu telah menerbitkan kalender 2018
Selamat bekerja!
Kita warga Indonesia adalah Bhineka Tunggal Ika
Sampai Jumpa!

Terima kasih telah berkunjung ke blog saya….! >.<

No comments:

Post a Comment