Wednesday, November 22, 2017

Mengapa kita bisa cegukan?








Kalian pastinya sudah tidak asing lagi kan dengan kata ‘cegukan’. Yup! Tentunya hampir semua orang pernah mengalami hal tersebut. Kebanyakan dari kita mungkin tidak tahu kenapa cegukan bisa terjadi. Cegukan juga menimbulkan banyak persepsi dalam hal penyembuhannya, mulai dari berhitung sampa 10, melompat-lompat dan lain sebagainya. Nah di sini saya akan membahas bagaimana cegukan bisa terjadi dan cara mengatasinya.

·        Penyebab cegukan





Perlu diketahui ketika kita mengeluarkan nafas, diafragma bergerak ke atas dan saat mengambil nafas, diafragma bergerak kebawah. Cegukan itu terjadi dimana diafragma pada dada dan perut tiba-tiba kram dan terjadi kontraksi.
Hal seperti ini disebabkan karna makan secara tiba-tiba tanpa minum atau makan makanan panas, bisa juga dari racun pada alcohol atau racun nikotin, perut kembung, minum minuman bersoda, makan terlalu cepat atau terlalu banyak dan factor psikologi juga berpengaruh pada terjadinya cegukan seperti stress, sedih dll.

·        Cara mengatasi cegukan 

Untuk mengatasi cegukan ringan cukup dengan minum air dingin, bernafas perlahan, atau dikagetkan. Jika cegukan masih terus berlanjut dalam jangka waktu yang lama, segera hubungi dokter karna bisa jadi ada hal serius yang mengganggu kesehatan anda.
Terima kasih telah berkunjung ke blog saya…! >.<

 

No comments:

Post a Comment