Wednesday, November 22, 2017

Cara menyunting teks narasi dengan baik dan benar




Halo teman-teman! Di sini saya akan membahas tentang penyuntingan teks. Menyunting teks adalah kegiatan mengubah dan merapikan tata letak dan susunan pada penggunaan bahasa terhadap suatu naskah tanpa merubah sedikitpun esensi makna di dalamnya. Secara sederhana menyunting dapat pula diartikan sebagai suatu kegiatan membenahi suatu naskah secara menyeluruh baik dari sisi tata bahasa, konten / materi, kelayakan, dan penyajiannya.Apa saja yang perlu di perhatikan dalam menyunting teks? Bagaimana cara menyunting teks? Yuk langsung aja kita bahas >.<
·         Hal-hal yang perlu diperhatikan dalam menyunting teks

- Ejaan
Banyak dari penulis yang suka typo dalam penulisannya. Misalnya, kata persiapan diri menjadi periapan iri. Nah ini tugas penyunting untuk membenarkan ejaan yang salah tersebut agar informasi yang terkandung dalam tulisan tersebut dapat sampai ke pembaca.

- Tanda baca
Ini juga mempunyai peran yang sangat penting, karna kalau sampai salah tanda baca, intonasi dan makna dalam tulisan tidak tersampaikan dengan baik ke pembaca.

- Diksi
Pemilihan kata / diksi yang benar juga sangat berpengaruh dalam asumsi pembaca nantinya. Diksi yang kurang tepat dapat mengakibatkan pembaca kebingungan dengan teks tersebut, pembaca bosan, pesan pengarang tidak sampai dan banyak hal negative lainnya yang akan muncul.

- Kalimat
kefektifan kalimat juga dinilai penting, dari segi unsur-unsur kalimat yang baik dan benar.

- Sistematika penulisan
Hal ini terkaitan dengan beberapa hal teknis semisal penulisan paragraf dan lain sebagainya.

 -  Keabsahan konsep
Dalam sebuah teks umumnya mencantumkan teori atau konsep ilmiah. Dalam hal ini penyuntingan dilakukan dalam rangka menguji konsep yang digunakan dicantumkan dengan benar ataupun tidak.




·         Cara menyunting teks

Berikut teks asli sebelum di sunting

perjuangan ir. Soekarno


pada tanggal 4 juli 1927 ir. soekarno mendirikan partai nasional indonesia (pni) dengan tujuan indonesia segera merdeka. namun nyatanya pada tanggal 29 desember 1929 belanda memasukkan beliau ke dalam penjara sukamiskin di daerah bandung sampai pada tanggal 31 desember 1931.
 
beliau dikeluarkan dan kemudian bergabung dengan partindo namun dia untuk yang kedua kalinya ir. soekarno ditangkap dan dibuang ke wilayah ende, pulau flores pada tahun 1933. kemudian beliau dipindahkan ke pulau bengkulu.
setelah melewati berjuangan yang cukup panjang, beliau bersama bung hatta memproklamasikan kemerdekaan republik indonesia pada tanggal 17 agustus 1945.

Kesalahan pada paragraf ini adalah
-          Penggunaan huruf kapital pada judul, awal paragraf, nama orang, di awal titik serta nama kota.
-          Pemilihan font pada judul
-          Sistematika penulisan, paragraf diawal harus lebih menjorok dari yang lain.
-          Tanda baca
-          Pemilihan kata ada yang kurang tepat

Paragraf setelah disunting

Perjuangan Ir. Soekarno


Pada tanggal 4 juli 1927 Ir. Soekarno mendirikan Partai Nasional Indonesia (PNI) dengan tujuan indonesia segera merdeka. Namun nyatanya pada tanggal 29 Desember 1929, Belanda memasukkan beliau ke dalam penjara sukamiskin di Bandung sampai pada tanggal 31 desember 1931.
Beliau dibebaskan dan kemudian bergabung dengan partindo namun untuk yang kedua kalinya Ir. Soekarno ditangkap dan dibuang ke Ende, pulau Flores pada tahun 1933. Kemudian beliau dipindahkan ke pulau Bengkulu. Setelah melewati berjuangan yang cukup panjang, beliau bersama Bung Hatta memproklamasikan kemerdekaan republik Indonesia pada tanggal 17 agustus 1945.

No comments:

Post a Comment